Senin, 15 September 2014

Makalah PENTINGNYA PKLH DALAM PEMBANGUNAN DAERAH PERKOTAAN

A.      Pengertian PKLH

Pendidikan dalam arti luas adalah segala pengalaman belajar diberbagai lingkungan yang berlangsung sepanjang hayat dan berpengaruh positif bagi perkembangan individu.

Lingkungan adalah kesatuan ruang dengan segala makhluk hidup, makhluk tak hidup, dan daya serta manusia dengan segala perilakunya, yang saling berhubungan secara timbal balik, jika ada perubahan salah satu komponen akan mempengaruhi komponen lainnya.

Yang dimaksud dengan kependudukan adalah sejumlah orang yang tinggal disuatu wilayah atau daerah dengan segala kebudayaan, tata kehidupan dan adanya peraturan pemerintahan yang mengaturnya.

Jadi, yang dimaksud dengan PKLH adalah suatu program kependidikan untuk membina anak atau peserta didik agar memiliki pengertian, kesadaran, sikap, dan perilaku yang rasional dan bertanggung jawab tentang pengaruh timbal balik antara penduduk dengan lingkungan hidup dalam berbagai aspek kehidupan manusia.

B.       Tujuan PKLH
Adapun tujuan khusus pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup mencakup :
a.  mengembangkan kesadaran akan perlunya individu dapat memenuhi kebutuhan dari lingkungannya.
b.  Mengembangkan kesadaran akan lingkungan dan masalahnya kini dan mendatang;
c. Mendapatkan pengetahuan dan pengertian tentang hubungan ekologis manusia dengan lingkungan sosial budaya dan biofisikanya;
d. Memiliki kemampuan yang diperlukan untuk penggunaan sumber daya alam secara bijaksana, melindungi dan mengembangkan lingkungan menuju pemecahan masalahnya;
e.  Mengembangkan sikap, nilai dan kepercayaan yang esensial untuk meningkatkan kualitas dan konservasi lingkungan;
f. Berpartisipasi aktif, baik secara individual maupun secara bersama dalam kegiatan yang berhubungan dengan perbaikan lingkungan.

Berdasarkan tujuan di atas maka suatu program Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH) tidak akan cukup disiapkan untuk mengembangkan aspek kognitif dan afektif saja, melainkan juga aspek psikomotoriknya. Untuk menyiapkan pengetahuan yang didasari masalah lingkungan, tujuan dasar program PKLH untuk merubah sikap dalam hubungannya dengan situasi kegiatan mengenai masalah lingkungan dan mengembangkan keterampilan untuk memperkecil akibat buruk dari masalah lingkungan yang ada.

C.       Pentingnya PKLH Dalam Pembagunan Daerah Perkotaan

Pada era modern sekarang ini, Ilmu dan teknologi memberi peluang kepada manusia untuk merubah lingkungan. Perubahan yang terjadi bisa secara cepat atau lambat. Manusia menggunakan teknologi dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Pemakaian ilmu dan teknologi dalam meningkatkan kualitas hidup manusia memberikan efek samping tersendiri. Adanya pabrik dan berbagai industri akan dapat menimbulkan keuntungan bagi manusia dalam menciptakan sesuatu yang baru untuk kehidupan manusia dan sebagai pemenuh kebutuhan hidup manusia.

Selain keuntungan, teknologi membawa dampak buruk seperti adanya pencemaran udara akibat kendaraan bermotor dan pabrik, pencemaran lingkungan, limbah pabrik yang tidak termanfaatkan. Penggunaan gas-gas beracun dan sebagainya ini menyebabkan lapisan ozon menipis akibatnya suhu meningkat, dan lain-lain.

Melestarikan lingkungan hidup merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditunda lagi dan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau pemimpin negara saja, melainkan tanggung jawab setiap insan di bumi, dari balita sampai manula. Setiap orang harus melakukan usaha untuk menyelamatkan lingkungan hidup di sekitar kita sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Sekecil apa pun usaha yang kita lakukan sangat besar manfaatnya bagi terwujudnya bumi yang layak huni bagi generasi anak cucu kita kelak.

Saat ini, untuk mengurangi dan menanggulangi dampak kerusakan lingkungan, pemerintah berupaya untuk melaksanakan pembangunan berwawasan lingkungan. Pembangunan berwawasan lingkungan adalah usaha meningkatkan kualitas manusia secara bertahap dengan memperhatikan faktor lingkungan. Pembangunan berwawasan lingkungan dikenal dengan nama Pembangunan Berkelanjutan.


Jadi, dapat disimpulkan bahwa pentingnya PKLH dalam pembangunan daerah perkotaan adalah untuk membantu menggali kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan karena semua aktivitas yang dilakukan masyarakat di perkotaan tidak lepas dari kegiatan industri dan pabrik, selanjutnya PKLH juga membantu menggali kesadaran masyarakat untuk mensukseskan pembangunan berwawasan lingkungan ( pembangunan berkelanjutan ) demi mewujudkannya kehidupan yang sehat dan bersih di daerah perkotaan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar